KEDISIPLINAN
Kedisiplinan Adalah
Kesadaran dan Kesediaan Seseorang Menahati semua Peraturan Organisasi dan norma-norma social yang
berlaku .
Kesadaran adalah sikap
seseorang yang secara sukarela menanti semua peraturan dan sadar akan tugas dan
tangungjawabnya.
KESIPLINAN
MERUPAKAN KUNCI KEBERHASILAN SUATU ORGANISASI UNTUK MEWUJUDKAN TUJUANNYA
INDIKATOR
KEDISIPLINAN
1.Tijuan dan
Kemampuannya
v Tujuan
harus jelas dan di tetapkan secara ideal serta menantang bagi kemampuan Anggota
Organisasi .
1. Keteladanan
pimpinan organisasi
2. Balas
jasa
3. Keadilan
4. Waskat
Tindaan
nyata dan efektif untuk mencegah /mengetahui kesalahan,memastikan kesalahan,memelihara
kedisiplinan,meningkatkan prestasi Anggota Organisasi dll.
5. Ketegasasn
6. Sanksi
ukuman
7. Hubungan
kemanusiaan
PERSAINGAN
DAN KONFLIK
Persaingan adalah kegiatan yang
berdasarkan atas sikap rasional dan emosional dalam mencapai prestasi kerja
yang terbaik .persaingan di motivasi oleh ambisi untuk memperoleh
pengakuan,penghargaan dan status social yang baik .
Konflik adalah persaingan yang kurang
sehat berdasarkan ambisi dan sikap emosional dalam memperoleh
kemenangan.konflik akan akan menimbulkan ketegangan,konfrontasi,perkelahian,
dan frustasi jika dapat di selesaikan.
PENYEBAB
TERJADINYA PERSAINGAN DAN KONFLIK
1. Tujuan
2. Ego
manusia
3. Kebutuhan
4. Perbedaan
pendapat
5. Salah
paham
6. Perasaan
di rugikan dan sensitif
Kebaikan
Persaingan
1. Evaluasi
diri /Intropeksi diri demi kemajuan tujuan tertentu yang di cita-citakan .
2. Moral
kerja atau prestasi kerja akan melingkat
3. Mengembangkan
diri demi kemajuan dalam persaingan
4. Memotivasi
dinamika organisasi dan kreatifitas
KEBURUKAN
KONFLIK
1.
Kerjasama kurang serasi dan harmonis
2.
Memotivasikan sikap- sikap emosional
3.
Menimbulkan sikap apriori anggota
organisasi
4.
Dll.
KEPUASAAN
KERJA
ü sikap
emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaan .sikap ini di cerminkan
oleh moral kerja,kedisiplinan dan prestasi kerja . kepuasan kerja di nikmati di
dalam dan di luar pekerjaan .Kepuasan di pengaruhi oleh :
1.
Balas jasa yang adil dan layak
2.
Penempatan yang tepat sesuai keahlian
3.
Berat ringanya pekerjaan
4.
Suasana dan lingkungan pekerjaan
5.
Perhalatan yang menunjang pekerjaan
6.
Sikap pimpinan dalam kepemimpinannya
7.
Sifat pekerjaan monoton atau tidak
STRES
ü Suatu
kondisi ketegangan yang mempengharuhi emosi ,proses berfikir dalam kondisi yang
tidak memungkinkan adanya tuntutan pelengkap kebutuhannya.
Faktor
–faktor penyebab stress anggota organisasi :
1.
Gagal dalam teori pengetahuan
2.
Muncul konflik antar pribadi
3.
Beban kerja/tangungjawab yang di berikan
merasa sulit untuk di kerjakan.
4.
Tekanan dan sikap pimpinan yang kurang
adil dan wajar
5.
Merasa Balas jasa yang rendah terhadap
organisasi
FRUSTASI
ü Keadaan
emosional,ketegangan pikiran dan perilaku yang tidak terkendali dari seseorang
,bertindak aneh-aneh yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain.
MOTIVASI
·
Motivasi berasal dari kata latin :Movere
yang berarti dorongan atau menggerakan semangat .
·
Pentingnya motivasi,hal inilah yang
menyebabkan ,atau menyalurkan dan mendukung perilaku anggota dalam suatu organisasi untuk dapat
memahami serta dapat bekerja giat dan antusias untuk mencapai hasil yang
optimal .
·
Motivasi adalah pemberian daya pengerak serta
memahami ilmu pengetahuan yang akan menciptakan kegairahan kerja Anggota secara
kolektif dan efektif,dalam suatu organisasi .
·
Motivasi juga merupakan suatu perangsang
kehinginan dan daya pengerak serta lahir kemauan bekerja anggota dalam
organisasi tertentu .
TUJUAN
MOTIVASI
1. Meningkatkan
moral dan kepuasan
2. Meningkatkan
produktivitas kerja anggota
3. Mempertahankan
kestabilan kerja Anggota
4. Meningkatkan
kedisiplinan Anggota
5. Mengefektifkan
pengadaan Anggota
6. Menciptakan
suasana dan hubungan kerja anggota
7. Meningkatkan
loyalitas,kreatifitas dan partisipasi Anggota
8. Meningkatkan
tingkat kualitas Anggota
9. Mempertinggi
rasa tangungjawab terhadap tugas Anggota
10.
Meningkatan efisiensi pengunaan alat-alat
inovasi &ll
ASAS
MOTIVASI
1.
Asas Mengikutsertakan mengajak
bawahan/Anggota untuk ikut berpartisipasi dan memberikan kesempatan kepada
mereka mengajukan Ide dan rekomendasi dalam pengambilan keputusan .
2.
Asas Komunikasi menginformasikan secara
jelas tentang tujuan yang ingin di
capai,cara mengerjakannya serta kendala yang nantinya di adapi.
3.
Asas Pengakuan Memberikan penghargaan
dan penghakuan yang tepat,dan wajar kepada bawahan /Anggota organisasi atas
prestasi kerja yang di capai .
4.
Asas Wewenang yang di delegasikan di
mana dapat di mendelegasikan sebagian wewenang serta kebebasan karya untuk
menghambil keputusan serta berkreaktivitas
dan melaksanakan tugas atasan .
ASAS
PERHATIAN TIMBALBALIK
v Memotivasi
karya dengan mengedepankan keinginan atau harapan Organisasi di samping
berusaha memenuhi kebutuhan yang di harapkan.
MODEL
MOTIVASI TRADISIONAL
a. Model
tradisional Memotivasi Anggota agar gairah kerja samanya meningkat dengan
memberikan insentif .
b. Model
Hubungan Manusia mempertimbangkan kebutuhan social Anggota organisasi
c. Model
SDM Menawarkan Tangungjawab yang bertamba
MODEL
MOTIVASI LANGSUNG
v Motivasi
langsung (direct motivasion ) yaitu motivasi (materiil dan non materiil ) yang
di berikan secara langsung kepada setiap individu karyr .untuk memenuhi
kebutuhan dan kepuasan.
MOTIVASI
TAK LANGSUNG
v Motivasi
tak langsung (indirect motivasion ) yaitu motivasi yang di berikan hanya
merupakan fasilitas-fasilitas yang mendukung serta menunjang gairah
kerja/kelancaran tugas anggota .
PROSES
MOTIVASI
1.
Tujuan
2.
Mengetahui kepentingan
3.
Komunikasi efektif
4.
Integrasi tujuan
5.
Fasilitas
6.
Team work
MasloW’S
Need Hierarchy Theory
v
“SELAMAT
MENGKRITISI LEGENDA LALUH DAN DAPAT MENCOBA”
“MERUBA DIRI
SERTA MEMUPUK HARAPAN BARU BAGIMU GENERASI MUDA PENERUS BANGSA DI PUNDAKNYA”
Posting Komentar