.
Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    ULMWP    Sepakbola    PUISI    Film   
Home » » MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN ORGANISASI

MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN ORGANISASI

Posted by SUARA PEMUDA MEEPAGO on Kamis, 10 Maret 2016

KEDISIPLINAN

Kedisiplinan Adalah Kesadaran dan Kesediaan Seseorang Menahati semua Peraturan  Organisasi dan norma-norma social yang berlaku .
Kesadaran adalah sikap seseorang yang secara sukarela menanti semua peraturan dan sadar akan tugas dan tangungjawabnya.




KESIPLINAN MERUPAKAN KUNCI KEBERHASILAN SUATU ORGANISASI UNTUK MEWUJUDKAN TUJUANNYA
INDIKATOR KEDISIPLINAN
1.Tijuan dan Kemampuannya
v Tujuan harus jelas dan di tetapkan secara ideal serta menantang bagi kemampuan Anggota Organisasi .
1.    Keteladanan pimpinan organisasi
2.    Balas jasa
3.    Keadilan
4.    Waskat
Tindaan nyata dan efektif untuk mencegah /mengetahui kesalahan,memastikan kesalahan,memelihara kedisiplinan,meningkatkan prestasi Anggota Organisasi  dll.
5.    Ketegasasn
6.    Sanksi ukuman
7.    Hubungan kemanusiaan

PERSAINGAN DAN KONFLIK
Persaingan adalah kegiatan yang berdasarkan atas sikap rasional dan emosional dalam mencapai prestasi kerja yang terbaik .persaingan di motivasi oleh ambisi untuk memperoleh pengakuan,penghargaan dan status social yang baik .
Konflik adalah persaingan yang kurang sehat berdasarkan ambisi dan sikap emosional dalam memperoleh kemenangan.konflik akan akan menimbulkan ketegangan,konfrontasi,perkelahian, dan frustasi jika dapat di selesaikan.

PENYEBAB TERJADINYA PERSAINGAN DAN KONFLIK
1.    Tujuan
2.    Ego manusia
3.    Kebutuhan
4.    Perbedaan pendapat
5.    Salah paham
6.    Perasaan di rugikan dan sensitif
Kebaikan Persaingan
1.    Evaluasi diri /Intropeksi diri demi kemajuan tujuan tertentu yang di cita-citakan .
2.    Moral kerja atau prestasi kerja akan melingkat
3.    Mengembangkan diri demi kemajuan dalam persaingan
4.    Memotivasi dinamika organisasi dan kreatifitas
KEBURUKAN KONFLIK
1.    Kerjasama kurang serasi dan harmonis
2.    Memotivasikan sikap- sikap emosional
3.    Menimbulkan sikap apriori anggota organisasi
4.    Dll.
KEPUASAAN KERJA
ü sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaan .sikap ini di cerminkan oleh moral kerja,kedisiplinan dan prestasi kerja . kepuasan kerja di nikmati di dalam dan di luar pekerjaan .Kepuasan di pengaruhi oleh :
1.    Balas jasa yang adil dan layak
2.    Penempatan yang tepat sesuai keahlian
3.    Berat ringanya pekerjaan
4.    Suasana dan lingkungan pekerjaan
5.    Perhalatan yang menunjang pekerjaan
6.    Sikap pimpinan dalam kepemimpinannya
7.    Sifat pekerjaan monoton atau tidak
STRES
ü Suatu kondisi ketegangan yang mempengharuhi emosi ,proses berfikir dalam kondisi yang tidak memungkinkan adanya tuntutan pelengkap kebutuhannya.
Faktor –faktor penyebab stress anggota organisasi :
1.    Gagal dalam teori pengetahuan
2.    Muncul konflik antar pribadi
3.    Beban kerja/tangungjawab yang di berikan merasa sulit untuk di kerjakan.
4.    Tekanan dan sikap pimpinan yang kurang adil dan wajar
5.    Merasa Balas jasa yang rendah terhadap organisasi
FRUSTASI
ü Keadaan emosional,ketegangan pikiran dan perilaku yang tidak terkendali dari seseorang ,bertindak aneh-aneh yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain.

MOTIVASI
·       Motivasi berasal dari kata latin :Movere yang berarti dorongan atau menggerakan semangat .
·       Pentingnya motivasi,hal inilah yang menyebabkan ,atau menyalurkan dan mendukung perilaku  anggota dalam suatu organisasi untuk dapat memahami serta dapat bekerja giat dan antusias untuk mencapai hasil yang optimal .
·       Motivasi adalah pemberian daya pengerak serta memahami ilmu pengetahuan yang akan menciptakan kegairahan kerja Anggota secara kolektif dan efektif,dalam suatu organisasi .
·       Motivasi juga merupakan suatu perangsang kehinginan dan daya pengerak serta lahir kemauan bekerja anggota dalam organisasi tertentu .
TUJUAN MOTIVASI
1.    Meningkatkan moral dan kepuasan
2.    Meningkatkan produktivitas kerja anggota
3.    Mempertahankan kestabilan kerja Anggota
4.    Meningkatkan kedisiplinan Anggota
5.    Mengefektifkan pengadaan Anggota
6.    Menciptakan suasana dan hubungan kerja anggota
7.    Meningkatkan loyalitas,kreatifitas dan partisipasi Anggota
8.    Meningkatkan tingkat kualitas Anggota
9.    Mempertinggi rasa tangungjawab terhadap tugas Anggota
10.           Meningkatan efisiensi pengunaan alat-alat inovasi &ll
ASAS MOTIVASI
1.    Asas Mengikutsertakan mengajak bawahan/Anggota untuk ikut berpartisipasi dan memberikan kesempatan kepada mereka mengajukan Ide dan rekomendasi dalam pengambilan keputusan .
2.    Asas Komunikasi menginformasikan secara jelas tentang tujuan yang  ingin di capai,cara mengerjakannya serta kendala yang nantinya di adapi.
3.    Asas Pengakuan Memberikan penghargaan dan penghakuan yang tepat,dan wajar kepada bawahan /Anggota organisasi atas prestasi kerja yang di capai .
4.    Asas Wewenang yang di delegasikan di mana dapat di mendelegasikan sebagian wewenang serta kebebasan karya untuk menghambil keputusan serta  berkreaktivitas dan melaksanakan tugas atasan .
ASAS PERHATIAN TIMBALBALIK
v Memotivasi karya dengan mengedepankan keinginan atau harapan Organisasi di samping berusaha memenuhi kebutuhan yang di harapkan.
MODEL MOTIVASI TRADISIONAL
a.     Model tradisional Memotivasi Anggota agar gairah kerja samanya meningkat dengan memberikan insentif .
b.    Model Hubungan Manusia mempertimbangkan kebutuhan social Anggota organisasi
c.     Model SDM Menawarkan Tangungjawab yang bertamba
MODEL MOTIVASI LANGSUNG
v Motivasi langsung (direct motivasion ) yaitu motivasi (materiil dan non materiil ) yang di berikan secara langsung kepada setiap individu karyr .untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan.
MOTIVASI TAK LANGSUNG
v Motivasi tak langsung (indirect motivasion ) yaitu motivasi yang di berikan hanya merupakan fasilitas-fasilitas yang mendukung serta menunjang gairah kerja/kelancaran tugas anggota .
PROSES MOTIVASI
1.    Tujuan
2.    Mengetahui kepentingan
3.    Komunikasi efektif
4.    Integrasi tujuan
5.    Fasilitas
6.    Team work
MasloW’S Need Hierarchy  Theory
v  



“SELAMAT MENGKRITISI LEGENDA LALUH DAN DAPAT MENCOBA”

“MERUBA DIRI SERTA MEMUPUK HARAPAN BARU BAGIMU GENERASI MUDA PENERUS BANGSA DI PUNDAKNYA”

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 SUARA PEMUDA MEEPAGO. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger